Header Ads

Cara Mengaktifkan HTTPS Di Blog Blogger Dengan Domain Khusus




Mengaktifkan HTTPS telah menjadi wajib dalam hal keamanan, google memberikan prioritas ke situs-situs yang memiliki sertifikat ssl. Setelah pembaruan terbaru, tanda peringatan akan muncul di sebelah nama domain di browser google chrome di situs web non ssl.

Dibawah ini telah kami ringkas panduan bagaimana cara mengaktifkan HTTPS di blog blogger milik mu yang menggunakan domain kustom

Sebelumnya fitur ini tidak tersedia di blogger dan banyak orang menggunakan teknik cloudfare cdn, yang bukan metode yang sempurna juga kurang aman. Karena itu adalah metode tidak resmi, itu menciptakan bug dan masalah di blog kamu dan juga membuat kinerja blog buruk di mesin pencari.

Tetapi Google merilis fitur ini pada sub domain mereka dan juga mulai mengujinya pada domain kustom melalui draft.blogger.com. Tetapi sekarang fitur ini tersedia dari domain khusus dan dapat diinstal dengan langkah-langkah yang sangat sederhana.

Sertifikasi ssl disediakan oleh google dan hanya metode resmi untuk melakukannya. Benar-benar gratis dan tidak memerlukan pengetahuan pengkodean, seorang pemula dapat dengan mudah mengaktifkan opsi ini hanya dengan memilih opsi melalui menu dropdown yang mudah dipilih.

Apa itu SSL?

Dikutip dari dewaweb SSL (Secure Socket Layer) adalah lapisan keamanan untuk melindungi transaksi di website Anda dengan teknologi enkripsi data yang canggih. Pada website dengan SSL maka alamatnya berubah menjadi https dan muncul tanda padlock (gembok) di address bar browser yang bisa di-klik untuk melihat jenis SSL, teknologi enkripsi yang dipakai dan siapa identitas pemilik website.

Cara Mengaktifkan HTTPS Di Blog Blogger Anda Dengan Domain Khusus

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah masuk ke akun Blogger kamu melalui draft.blogger.com
Lalu pergi ke  >> Settings [Setelan] > Basics [Dasar] > HTTPS

Kemudian di sisi kanan layar kamu akan melihat dua opsi di Kategori HTTPS:
HTTPS Availability [Ketersediaan HTTPS] & HTTPS Redirect [Pengalihan HTTPS]



Pilih Ya di kedua opsi, ini akan membutuhkan waktu untuk mengaktifkannya

Catatan: Proses pengaktifan membutuhkan waktu, jika blog kamu memiliki jumlah posting yang sangat besar maka akan membutuhkan sedikit waktu ekstra, kami sarankan kamu untuk mengaktifkan opsi ini di malam hari dan biarkan beberapa saat.

Tidak ada komentar: