Header Ads

Mengapa Langit Berwarna Biru?

Jawaban Singkatnya Seperti Ini

Sinar matahari mencapai atmosfer bumi dan tersebar ke segala arah oleh semua gas dan partikel di udara. Cahaya biru tersebar lebih daripada warna-warna lain karena ia bergerak sebagai gelombang yang lebih pendek dan lebih kecil. Inilah sebabnya mengapa kita sering melihat langit biru.






Sangat mudah untuk melihat bahwa langit berwarna biru.
Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa?

Banyak orang pintar mengetahuinya, Namun butuh waktu yang lama untuk mengetahuinya !!!



Cahaya dari matahari terlihat putih. Tapi sebenarnya terdiri dari semua warna pelangi.


Ketika cahaya putih bersinar melalui prisma, cahaya dipisahkan menjadi semua warnanya. Prisma adalah kristal berbentuk khusus.

Jika kamu mengunjungi The Land of the Magic Windows, kamu mengetahui bahwa cahaya yang kamu lihat hanyalah salah satu dari semua jenis energi cahaya yang menyinari alam semesta - dan di sekitar kamu!

Seperti energi dilautan, energi cahaya juga bergerak dalam gelombang. Sebagian cahaya bergerak dalam gelombang pendek "berombak". 

Cahaya lain bergerak dalam gelombang malas yang panjang. Gelombang cahaya biru lebih pendek dari gelombang cahaya merah.

Semua cahaya bergerak dalam garis lurus kecuali ada sesuatu yang menghalangi dan melakukan salah satu dari ini:
  • Memantulkannya (Seperti Cermin)
  • Membiaskannya (Seperti Prisma)
  • atau menyebarkannya (seperti molekul gas di atmosfer)
Sinar matahari mencapai atmosfer bumi dan tersebar ke segala arah oleh semua gas dan partikel di udara.

Cahaya biru tersebar ke segala arah oleh molekul-molekul kecil udara di atmosfer Bumi. Biru tersebar lebih daripada warna lain karena bergerak sebagai gelombang yang lebih pendek, lebih kecil. Inilah sebabnya mengapa kita sering melihat langit biru.


Lebih dekat ke cakrawala, langit memudar menjadi biru atau putih yang lebih terang. Sinar matahari yang menjangkau kita dari bawah telah melewati lebih banyak udara daripada sinar matahari yang menjangkau kita dari atas.

Ketika sinar matahari telah melewati semua udara ini, molekul-molekul udara telah menyebarkan dan menata ulang cahaya biru berkali-kali ke berbagai arah.

Selain itu, permukaan bumi telah memantulkan dan menyebarkan cahaya. Semua hamburan ini mencampur warna bersama-sama lagi sehingga kita melihat lebih putih dan lebih sedikit biru.

Lalu Kenapa Matahari Terbenam Berwarna Merah?

Saat matahari semakin rendah di langit, cahayanya melewati lebih banyak atmosfer untuk mencapai Anda. Bahkan lebih banyak cahaya biru tersebar, memungkinkan merah dan kuning untuk melewati langsung ke mata Anda.








Sumber : NASA