Header Ads

Kilometer Nol (KM 0) Kota Sambas, Letaknya Dimana???

Kilometer Nol (KM 0) atau sebutan dalam bahasa lainnya merupakan sebuah lokasi dimana jarak secara tradisional di ukur, sebutan yang sama juga ditetapkan untuk setiap jalan, seluruh lokasi di jalan itu memiliki nomor untuk setiap kota yang ada di Indonesia.

Sebenarnya tidak hanya di Indonesia, negara - negara di dunia juga memiliki kilometer nol (KM 0) sebut saja negara Cina, KM 0 Cina terletk di pintu masuk taman Fengtian di jalur Jingguang di luar Beijing. Sedangkan untuk negara Perancis KM 0 terletak di Paris di taman yang menghadap pintu masuk utama Katedral Notre Dame

Sama seperti negara - negara lainya kota - kota di Indonesia juga memiliki kilometer nol (KM 0) kota Jogja misalnya yang berada di kawasan perempatan kantor pos besar Yogyakarta di kawasan ini juga terdapat gedung agung, Benteng Vredeburg, gedung BNI dan juga terdapat monumen serangan oemoem 1 maret. Kota Pontianak mempunyai kilometer nol berada di dekat gapura darmaga penyeberangan Siantan.

Lalu dimana letak kilometer nol kota sambas kita ini??????
Beberapa orang mungkin memiliki jawaban yang berbeda-beda, ada yang mengatakan di simpang tiga Jl. Sucitro (Tugu Pahlawan), ada pula yang mengatakan KM 0 Sambas berada di Taman Lunggi Sambas, banyak lagi pendapat lainya namun saat ditanya seberapa yakin dengan jawabannya tidak ada yang 100 % yakin dengan jawabannya.

Setelah cukup lama menelusuri akhirnya saya menemukan kilometer nol kota Sambas, saya sendiri sempat melihat lansung kondisi fisik titik nol kilometernya kondisinya sangat memprihatinkan dan tidak terawat letaknya di dusun Sukamantri desa Dalam Kaum tepatnya di sudut pertigaaan Jl. Moh Tsafiuddin dan Jl. Pembangunan hanya beberapa centimeter dari tong sampah di depan minimart kawasan tersebut tidak jauh dari tiang listrik di sudut Jl. Pembangunan.
Sangat wajar banyak dari warga Sambas sendiri yang tidak mengetahui dimana kilometer nol kota tercinta ini mengingat kondisi yang sangat tidak terawat.

Seharusnya pemerintah kota merawat dan menjaga agar tetap utuh dan terjaga kelestariannya, kita bandingkan dengan kota - kota dijawa seperti kota Jogja, kota Semarang pemerintah setempat sangat memperhatikan keberadaan titik nol kilometer sehingga sangat bagus yang menjadikan daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Titik Koordinat : 1.3661741 , 109.3193074