Header Ads

Bantu, Pembangun Mesjid Al-Mujahidin Border Kalbar


Dengan mengucap rasa syukur kehadirat-Nya karena atas izin dan petunjuk-Nya semata, sehingga terbentuklah susunan Panitia Pembangunan Masjid AL-Mujahidin yang beralamat di Divisi II Ledo III Dusun Peleng Desa [Perbatansan dengan Malaysia] Sinar Baru Kecamatan Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang Provinsi Kalimantan Barat

Masjid AL-Mujahidin merupakan sebuah masjid sederhana yang dibangun di atas lahan di wilayah perkebunan kelapa sawit di Divisi II Ledo III Dusun Peleng Desa [Perbatansan dengan Malaysia] Sinar Baru. Bangunan masjid seluas lebih kurang 48 m2 mulai dibangun pada tahun 2013 melalui sumbangan pengembang dan swadaya masyarakat. Sebagai satu-satunya masjid yang berada di lingkungan perumahan di Divisi II Ledo III Dusun Peleng, masjid AL-Mujahidin menjadi sarana ibadah bagi lebih dari 31 KK yang beragama Islam, warga muslim sekitarnya, serta masyarakat yang sedang dalam perjalanan dan Bekerja di perkebunan PT. Ledo Lestari.

Dari sisi kegiatan dakwah keislaman, masjid AL-Mujahidin cukup intensif melakukan berbagai kegiatan rutin, diantaranya yaitu:
1. Sholat fardlu berjamaah dan sholat Jum’ah
2. Kajian Ilmu Fiqih setiap bulan tiap-tiap minggu ke-empat
3. Berbagai kegiatan remaja masjid Al-Mujahidin
4. Majelis yasin bapak-bapak setiap malam jum’ah
5. Kajian hadits setiap hari ba’da subuh
6. Peringatan hari besar Islam, sholat Ied, Qurban dan lain-lain.

MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dilakukannya renovasi masjid AL-Mujahidin adalah membangun rumah ibadah yang representatif bagi umat islam sebagai upaya yang ditujukan untuk:
1. Memfasilitasi dan memberikan kenyamanan kepada umat dalam beribadah khususnya dimusim-musim penghujan.
2. Memberikan sarana bagi umat untuk berinfak di jalan Allah SWT dengan menyisihkan hartanya sebagai amal infak shodaqoh jariyah.
3. Menjadikan masjid sebagai pusat aktifitas umat termasuk dakwah amal ma’ruf nahi munkar serta sarana pendidikan menuntuk ilmu agama.
4. Meningkatkan dan mengiatkan partisipasi aktif masyarakat khususnya umat muslim dari seluruh jamaah masjid, lingkungan Divisi II Ledo III Dusun Peleng sekitar, dalam hal da’wah, pembinaan’ aktifitas sosial sehingga meningkatkan keimanan dan terciptanya kehidupan masyarakat yang islami dengan ketaqwaan dan terbina ukhuwah diantara sesama warga (keshalehan sosial).

WAKTU PELAKSANAAN
Pelaksanaan pembangunan kembali masjid An Nur Insya’ Allah akan dilaksanakan pada 15 Februari 2018 sampai dengan 15 Februari 2019.

LUAS MASJID
Lebar (Timur-Barat) : 6 meter
Panjang (Utara - Selatan) : 8 meter

ANGGARAN DAN SUMBER DANA
Rencana pembanguna masjid diperkirakan membutuhkan biaya sebesar Rp.42.000.000,- (Empat puluh dua juta ribu rupiah).

Adapun sumber dana bagi pembangunan ini meliputi berbagai sumber antara lain:
1. Penggalangan dana dari warga masyarakat muslim Divisi II Ledo III Dusun Peleng melalui kotak amal masing-masing rumah
2. Lelang kebutuhan bahan bangunan baik secara internal maupun eksternal di wilayah Dusun Peleng
3. Donasi dari instansi-instansi pemerintah atau swasta.
4. Donasi dari umat dan masyarakat umum melalui Kitabisa.com dan hapipaizal.com

Ulurkan bantuan anda disini

Pada bagian penutup ini, panitia pembangunan Masjid AL-Mujahidin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendermakan baik harta, pikiran maupun tenaga, dimana kesemua itu tidak lain kita berharap akan menjadi catatan amal kebaikan dan penolong kita pada hari kiamat nanti.Insya’Allah ini semua akan menjadi amal yang pahalanya senantiasa mengalir hingga kita di alam kubur. Akhirnya, semoga Allah SWT senantiasa memberikan keluasan dan keberkahan rezki kepada kita semua sehingga kita semua dapat melakukan amal sholeh yang akan menjadi pemberat timbangan kebaikan kita di yaumil qiamah. Amiin.