Header Ads

Keraton Sambas, Situs Sejarah yang Masih Berdiri Tegak

Keraton Sambas - Terletak di pusat kota Sambas, merupakan salah satu peninggalan sejarah yang masih dapat kita lihat hingga saat ini dan berjarak sekitar 225 km kearah utara dari kota Pontianak. Keraton Sambas ini juga dikenal dengan nama Keraton Al-watzikoebillah Sambas yang dibangun pada masa pemerintahan Raden Sulaiman atau lebih dikenal oleh masyrakat Sambas dengan nama Muhammad Syafi’uddin I, Keraton yang sudah berumur lebih dari 200 tahun ini sudah beberapa kali mengalami perehaban.



Pengunjung yang ingin ke Keraton Sambas, dari Kota Pontianak mengambil jalur utara menuju kota Mempawah menempuh perjalanan sekitar 67 km dan Kota Mempawah dilanjutkan menuju Kota Singkawang dengan jarak tempuh 78 km kemudian dari Singkawang
untuk sampai ke Sambas harus menempuh jarak sekitar 80 km.

Memasuki kawasan keraton pengunjung di manjakan dengan bangunan segi delapan dimana dulunya bangunan ini dijadikan pondopo yang digunakan sultan untuk beristirahat. Bagunan induk terdapat di tengah terdiri dari beberapa ruangan diantaranya ruang makan, ruang keluarga, kamar tidur puri-putri sultan dan ruang menjahit.

Selain menikmati keindahan Keraton Sambas seperti bangunan dan mariam peninggalan kerajaaan, pengunjung juga dimanjakan dengan pemandangan tepian sungai yang merupan jalur transportasi penghubung di daerah kabupaten sambas

Objek wisata Keraton Sambas merupakan situs peninggalan sejarah yang masih berdiri hingga saat ini dan merupakan kekayaan budaya Nusantara yang harus di jaga kelestariannya.

Ringkasan Traveller:
Lokasi : 1.361622 , 109.315740
Biaya :
- Parkir Motor : Rp. 2.000,-
- Parkir Mobil Pribadi : Rp. 5.000,-
- Parkir Bis : Rp. 10.000,-
- Tiket Masuk : Rp. Free
Jarak :
Pontianak - Sambas : +/- 225 km.

Update : 19-Mei-2018
Text : Hapi Paizal