Header Ads

Jalan Kaki Pagi Hari Punya Segudang Manfaat

Diera modern seperti saat ini dengan banyaknya kendaraan yang menunjang seseorang untuk beraktifitas, sehingga banyak dari kita yang sudah malas untuk beraktifitas dengan berjalan kaki, untuk tujuan jaraknya tidak terlalu jauh kita pun sudah menggunakan sepeda atau sepeda motor, alhasil sudah sangat jarang ditemukan pejalan kaki, jika punya masalah dengan lutut dan kaki jangan jadikan hal ini sebagai alasan untuk tidak melakukan olahraga ringan ini.

Studi yang dilakukan di International Journal of Obesity menemukan bila memang ingin mendapatkan manfaat maksimal kesehatan dengan berjalan kaki maka seseorang perlu melakukan 15 ribu langkah perhari, hal ini diketahui setelah peneliti melacak kebiasaan tukang pos di Skotlandia yang mengantar surat dengan berjalan kaki, namun agar tubuh anda tidak kaget sebaiknya berjalan kaki dilakukan selama 10 hingga 15 menit dalam sehari sebagai awalan.

Mulailah dengan berjalan kaki dipagi hari, ini adalah cara sederhana untuk membuat tubuh tetap bugar, berikut manfaat yang di dapat dengan berjalan kaki:

1. Kesehatan Mental
Menjadikan mood anda baik sepanjang hari, angin pagi yang segar dapat melepaskan energi positif seperti layaknya meditasi sehingga dapat mengatasi masalah mental seperti depresi dan kecemasan.

2. Kualitas Tidur yang Baik
Studi yang dilakukan di Freed Hutrchison Cancer Research Center orang yang rajin berjalan kaki di pagi hari juga lebih mudah tidur nyeyak.

3. Menurunkan Berat Badan
Dengan berjalan kaki selama 30 menit dalam sehari bisa membakar setidaknya 150 kalori perhari, namun tentu tidak cukup hanya dengan berjalan kaki harus ditunjang dengan pola makan yang sehat.

4. Mengontrol Gula Darah
Jalan kaki adalah salah satu cara terbaik untuk mengontrol gula darah, terutama jika anda seorang penderita diabetes dan gangguan insulin. sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal American Medical Association menemukan bahwa orang yang latihan di pagi hari menunjukkkan kontrol yang lebih baik pada gula darah sepanjang hari.

5. Sirkulasi Darah Yang Baik
Jalan pagi berfungsi sebagai latihan kardio halus dengan mempercepat detak jantung dan memompa darah ke setiap tubuh. latihan ini meningkatkan sirkulasi darah dan membantu mengendalikan tekanan darah dan kolestrol dalam jangka panjang.

Jadi mulai sekarang jangan malas untuk berjalan kaki karena banyak manfaat yang bisa kita dapatkan secara gratis.