Header Ads

Riam Berawan, Sepenggal Surga yang Terselip di Hutan Kalimantan

Tidak hanya keindahan pantainya Kalimantan Barat juga mempunyai banyak wisata air terjun yang indah yang dapat memanjakan mata pengunjung salah satunya adalah Riam Berawan yang terletak di Kabupaten Bengkayang tepatnya di Dusun Melayang sekitar 76 km dari kota Bengkayang.

Riam Berawan punya legenda tersendiri di lingkungan masyarakat sekitar, konon dahulu ada ular yang sangat besar bertempur dengan panglima adat setempat dan dimenangkan oleh panglima tersebut

Karena kesaktian nan dimiliki ular raksasa dapat ditaklukkan dan mati terpotong-potong dari potongan inilah menjelma menjadi Riam Berawan yang sangat tinggi.

Rute Perjalanan

Untuk menuju Riam Berawan dari kota Bengkayang pengunjung menuju ke arah Kecamatan Sanggau Ledo, sekitar 16 km dari pasar Sanggau Ledo pengunjung akan menemukan pertigaan lalu ambil jalur kanan (Pertigaan 'T'), di perjalanan pengunjung harus berhati-hati karena kondisi jelek beraspal yang sudah berlobang

Saat perjalanan tidak banyak ditemukan perumahan warga, pengunjung hanya disambut perkebunan karet, lada, jagung milik warga setempat

Saat menemui perumahan warga pengunjung disarankan untuk membeli perbekalan seperti air minum dan makanan ringan karena di lokasi Riam Berawan kita tidak menemukan pedagang yang berjualan makanan ringan.

Sekitar 5,6 km perjalanan beraspal kita akan menemukan pertigaan (Pertigaan 'Y') pengunjung ambil arah kiri (SMPN 5 Seluas) dan kondisi jalan sudah tidak beraspal lagi, 1 km perjalanan kita akan menemukan pertigaan (Pertigaan Y) kita ambil jalur kanan (jalur kiri menuju Riam Sengadang)

Dilanjutkan 600 m kita akan menemukan gedung SMPN 5 Seluas, mulai dari sini kondisi jalan semakin rusak parah dengan tanjakan dan turunan yang terjal, sekitar 2,5 km perjalanan kita sudah menemukan Gerbang Objek Wisata Riam Berawan Dusun Melayang.

Pengunjung dapat beristirahat menghilangkan penat sambil berinteraksi dengan warga sekitar, perjalanan masih panjang dari sini pengunjung melanjutkan dengan berjalan kaki kira-kira 30 menit melalui ladang dan kebun karet dan yang paling melelahkan saat menelusuri turunan gunung yang terjal untuk mencapai lokasi air terjun (Riam) Berawan

Dengan kondisi medan yang sangat curam sangat memacu adrenaline para pengunjung, suara desiran air sudah mulai terdengar dan ketika sampai di lokasi banyak pengunjung yang berguman "ternyata ada sepenggal surga yang terselip di hutan kalimantan"

Letih, capek, panas terbayar sudah perjuangan perjalanan panjang saat kita tiba di lokasi Riam Berawan dengan ketinggian 75 m menyambut kita dengan suara desiran air serta bebatuan yang cukup besar untuk kita bersantai menghilangkan penat. air yang jernih juga menjadi daya tarik tersendiri untuk segera mandi di bawah air terjun.

Lihat Video

Ringkasan Traveller:
Lokasi : 1.124827 , 109.840744
Biaya :
- Parkir Motor : Rp. 5.000
- Parkir Mobil :-
- Tiket Masuk : Free
Jarak :
Kota Bengkayang - Lokasi : +/- 76 km.
Rute :
Kota Bengkayang [50,3 km] Pasar Sanggau Ledo
Pasar Sanggau Ledo [16 km] Pertigaan Pertama (Belok Kanan)
Pertigaan Pertama [5,6 km] Pertigaan  Kedua (Belok Kiri ke arah SMPN 5 Seluas)
Pertigaan Kedua [1 km] Pertigaaan Ketiga (Belok Kanan)